Libur lebaran yang bertepatan dengan liburan sekolah kali ini menjadi
peluang yang sangat baik bagi Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan
jumlah perjalanan wisatawan nusantara sebagai bagian dari usaha
pecapaian target 260 juta perjalanan wisatawan nusantara pada tahun
2016. Menteri Pariwisata, Arief Yahya memperhitungkan akan ada 30 juta
pemudik yang melakukan perjalananan atau pergerakan ke daerah. Melihat
kesempatan itu, Kementerian Pariwisata mengeluarkan terobosan program
baru yang disebut #PesonaLebaran.
#Pesona lebaran merupakan
program layanan berupa panduan paket liburan lebaran. Program ini
terinspirasi dari keberhasilan Kementerian Pariwisata yang berhasil
mendatangkan sekitar 400 ribu wisatawan nusantara (melebihi target 100
ribu orang) saat gerhana matahari total lalu dengan mensosialisasikan
dan mempromosikan fenomena tersebut. Program #PesonaLebaran dimaksudkan
untuk menemani dan melayani para pemudik yang ingin berlibur setelah
halal bihalal pada hari pertama dan kedua lebaran. Selain itu,
#PesonaLebaran juga dimaksudkan untuk mengeksplor dan mempromosikan
destinasi-destinasi wisata menarik yang tersebar di lokasi-lokasi mudik.
Selain destinasi wisata, melalui #PesonaLebaran, para pemudik juga bisa
mengakses informasi terkait wisata kuliner, oleh-oleh, dan juga
atraksi/event yang menjadi kekhasan atau daya tarik di daerah tersebut.
Layanan #PesonaLebaran ini dapat dengan mudah diakses melalui berbagai search engines
cukup dengan menuliskan #PesonaLebaran diikuti dengan nama kota,
misalnya #PesonaLebaranSolo atau #PesonaLebaranAceh. Jika para pemudik
ingin mencari kuliner khas suatu daerah, maka mereka hanya perlu
menuliskan #PesonaKuliner(nama kota/provinsi). Contoh,
#PesonaKulinerPekalongan atau #PesonaKulinerJogja. Sejauh ini sudah ada
31 destinasi yang dibahas, seperti Aceh, Banten, Bintan, Cipanas,
Cirebon, Geopark Ciletuh, Jakarta, Jatim, Jepara, Jogya, Kudus, Labuhan
Bajo, Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor,
dan Pekalongan. Jumlah kota yang dibahas akan terus dilengkapi sampai
pada H+1 lebaran.
Sementara untuk lokasi-lokasi dari destinasi
yang dicari bisa diperoleh melalui aplikasi GoMudik. Untuk para pengguna
android, aplikasi ini bisa diunduh melalu Google Play. Sedangkan bagi
pengguna iOs atau non-android,informasi bisa diakses melalui website www.gomudik.com.
"Platform ini untuk para mudikers, yang berisi Destinasi Wisata,
Kuliner, hotel, restoran, info bisnis seperti ATM, pasar, toko souvenir,
oleh-oleh. Juga info dasar seperti SPBU, rest area, kantor Polisi,
Rumah Sakit, Tempat Ibadah, Puskesmas dan lainnya," jelas Arief Yahya
Terkait
konten, Arief Yahya menyebutkan dua endorser yang turut serta pada
kesempatan kali ini, mereka adalah Vita Datau Mesakh (Ketua Akademi
Gastronomi Indonesia) sebagai kurator 10 top kuliner di setiap daerah
dan Pasha Ungu untuk destinasi-destinasi yang pernah dia kunjungi.
Selain
mempersiapkan program pelayanan liburan dari pihak internal, yaitu
instansi KementerianPariwisata, Arief Yahya juga sudah mempersiapkan
pihak pihak eksternal, seperti para kepala daerah dan dinas pariwisata.
Ariaf Yahya telah berkoordinasi dengan para kepala daerah dan kepala
dinas pariwisata terkait. Koordinasi dan sosialisasi dilakukan terus
menerus, baik melalui surat ataupun grup whatsapp agar mereka lebih siap
dan lebih cepat bergerak melayani wisnus yang akan datang.
Sunday, July 3, 2016
Home »
» Sambut Liburan, Kementerian Pariwisata Luncurkan #PesonaLebaran
0 comments:
Post a Comment